July 3, 2024

Negara Timur Tengah yang Jadi Destinasi Belajar Mahasiswa Asing

BERKULIAH ke luar negeri menjadi dambaan bagi lebih dari satu besar mahasiswa di Indonesia. Tidak hanya negara-negara di Asia dan Eropa,

banyak terhitung mahasiswa yang berminat untuk menuntut pengetahuan ke negara-negara di Timur Tengah. Negara mana sajakah itu?

Berikut Info lengkapnya.

Mesir

Mesir sanggup dikatakan sebagai negara yang paling banyak dibidik mahasiswa asing untuk menuntut ilmu. Statista menyebut, terhadap tahun akademik 2019/2020, mahasiswa asing di Mesir mempunyai porsi 1,9% dari total 3,3 juta mahasiswa di negara itu.

Salah satu kampus yang menjadi incaran para mahasiswa asing adalah Al Azhar dan Cairo University. Al Azhar masuk dalam jajaran kampus tertua di Mesir, lebih-lebih dunia, lantaran telah ada sejak tahun 970-an.

Universitas Al Azhar terhitung menjadi sentral pembelajaran Islam di Mesir dan terbukti berhasil mencetak sederet ulama papan atas dunia. Ada pula Cairo University yang gunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Selain terkenal, kedua kampus selanjutnya terhitung menyediakan beragam macam beasiswa yang sanggup diperebutkan mahasiswa asing seperti yang disampaikan oleh mediator timur tengah.

Arab Saudi

jumlah mahasiswa asing di Arab Saudi hingga 2022 diperkirakan lebih dari 100 ribu orang. Universitas favorit yang biasa diincar mahasiswa mancanegara adalah King Abdulaziz University. Kampus ini terdapat di Jeddah dan berdiri di tahun 1967.

King Abdulaziz University atau KAU mempunyai peringkat dunia yang lumayan baik, yakni 44. Saat ini, KAU mempunyai kira-kira 32 ribu mahasiswa bersama dengan 6 ribu mahasiswa asing.

Turki

Jika mendengar kata studi di Turki, maka satu perihal yang langsung terlintas di asumsi kami adalah beasiswa. Sebab, Turki sering menjadi pilihan negara bagi mereka yang mengincar program beasiswa ke luar negeri.

Contohnya adalah beasiswa Turkiye Burslari, yang menyediakan beasiswa untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3.

Perkiraan pembukaan pendaftaran bagi beasiswa ini adalah bulan Januari hingga Februari tiap-tiap tahunnya. Beberapa kampus bergengsi yang sanggup dijadikan tujuan studi di Turki adalah Bilkent University, METU (Middle East Technical University), Sabanci University, dan Koc University.

Qatar

Qatar University adalah kampus paling baik di Qatar yang ramai dijadikan tujuan kampus para mahasiswa asing. Bahkan, kampus itu terhitung bermaksud terhubung cabang di Indonesia, sebagaimana disampaikan oleh Presiden Qatar University Hassan Rashid Al Derhaam ketika bersua bersama dengan Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan (dilansir dari Okezone, 23 Agustus 2021).

Fasilitas yang dapat diberikan oleh mahasiswa asing yang menuntut pengetahuan di negara selanjutnya tentu saja tidak sembarangan. Laman Regency Holidays menyebut, mahasiswa perempuan dan laki-laki dapat ditaruh di tempat tinggal (apartemen) terpisah.

Kamar terhitung dilengkapi bersama dengan pendingin ruangan, ruang TV bersama, meja, kursi, tempat tidur, hingga fasilitas kebugaran. Adapun jurusan kuliah yang sanggup dipilih adalah pemasaran, manajemen rekayasa, studi teluk, sastra dan bahasa Arab, pengetahuan lingkungan, pengetahuan dan teknologi material, dan begitu banyak ragam jurusan lainnya.