June 14, 2024

Jenis-Jenis Branding yang Perlu Diketahui Untuk Bisnismu

Ada alasan tersendiri mengapa anda perlu mengenal jenis-jenis branding yang tersedia dan kaitannya dengan perusahaan kamu. Ketika pembeli membeli suatu produk, salah satu pertimbangan kuat terdapatnya transaksi atau pembelian yaitu brand atau brand dari product tersebut.

Suatu brand yang miliki cii-ciri yang kuat, dapat miliki tingkat kepercayaan yang lebih dominan dibandingkan brand yang condong lemah. Bahkan, brand yang kuat secara tidak segera bisa menciptakan komitmen pelanggan yang berkepanjangan. Itulah mengapa anda perlu untuk mendalami jenis-jenis branding ini cocok dengan industri yang anda geluti.

Pada artikel ini, anda dapat diajak untuk menelus

Berikut ini, ada setidaknya 4 style branding lengkap dengan penjelasannya yang harus kamu ketahui.

1. Personal Branding

Personal branding adalah style branding yang digunakan untuk membangun citra merek individu. Cangkupak personal branding berada di seluruh aspek berasal dari individu, jadi berasal dari penampilan, kepribadian, keahlian, dan prestasi yang dimilikinya. Tujuan personal branding adalah untuk menciptakan kesan positif terhadap orang lain dan membangun reputasi yang kuat di bidang tertentu.

Pengertian Personal Branding

Personal branding adalah proses membangun citra merek khusus untuk memperkuat reputasi dan tingkatkan nilai khusus seseorang. Personal branding termasuk seluruh aspek berasal dari individu, jadi berasal dari kepribadian, penampilan, keahlian, dan prestasi yang dimilikinya. Dalam personal branding, individu bisa mengidentifikasi nilai-nilai yang dimilikinya dan mempromosikan dirinya secara berkesinambungan untuk membangun citra merek yang kuat dan positif.

Contoh Personal Branding yang Sukses

Contoh personal branding yang berhasil adalah Oprah Winfrey, Richard Branson, dan Elon Musk. Oprah Winfrey membangun citra merek pribadinya sebagai seorang pembawa acara talk show yang menginspirasi dan acuhkan terhadap masalah sosial. Richard Branson membangun citra merek pribadinya sebagai seorang pengusaha berhasil yang berani menyita risiko dan punya inovasi yang kreatif. Elon Musk membangun citra merek pribadinya sebagai seorang visionary yang punya ambisi besar untuk membuat perubahan dunia dengan teknologi seperti tiktok business.

Keuntungan Personal Branding bagi Individu dan Bisnis

Pada umumnya, Personal branding punya banyak keuntungan bagi individu dan bisnis, antara lain:

Meningkatkan Reputasi. Personal branding bisa menopang tingkatkan reputasi individu atau usaha dengan membangun citra merek yang kuat dan positif di mata orang lain.

Meningkatkan Kredibilitas. Personal branding bisa menopang tingkatkan kredibilitas individu atau usaha dengan membuktikan keahlian dan kompetensi yang dimilikinya.

Meningkatkan Peluang Karir atau Bisnis. Personal branding bisa menopang tingkatkan kesempatan karir atau usaha dengan memperkuat citra merek dan memperluas jaringan relasi.

Memperkuat Ikatan dengan Pelanggan atau Pemirsa. Personal branding bisa menopang memperkuat ikatan dengan pelanggan atau penonton dengan menciptakan kesan positif dan memberikan nilai jadi yang berbeda berasal dari pesaing.

Meningkatkan Nilai Diri. Personal branding bisa menopang tingkatkan nilai diri individu dengan memperkuat identitas dan memperluas kesempatan untuk raih obyek hidup.

2. Product Branding

Product branding adalah style branding yang digunakan untuk membangun citra merek suatu produk atau jasa tertentu. Tujuannya adalah untuk membedakan produk atau jasa berasal dari pesaing dan menciptakan kesan positif terhadap konsumen.

Pengertian Product Branding

Product branding adalah proses membangun citra merek suatu produk atau jasa dengan obyek membedakan produk atau jasa berasal dari pesaing dan menciptakan kesan positif terhadap konsumen. Product branding termasuk seluruh aspek berasal dari produk atau jasa, jadi berasal dari kualitas, harga, desain, hingga pengalaman pengguna.

Contoh Product Branding yang Sukses

Contoh produk branding yang berhasil adalah Apple, Coca-Cola, dan Nike. Apple membangun citra merek produknya sebagai produk yang inovatif, elegan, dan mudah digunakan. Coca-Cola membangun citra merek produknya sebagai minuman yang berikan kesegaran dan sesuai untuk beragam acara sosial. Nike membangun citra merek produknya sebagai produk olahraga yang kualitasnya paling baik dan bisa tingkatkan performa atlet.

Keuntungan Product Branding bagi Bisnis

Product branding punya banyak keuntungan bagi bisnis, antara lain:

Meningkatkan Kesadaran Produk. Product branding bisa menopang tingkatkan kesadaran produk di mata costumer dengan menciptakan citra merek yang kuat dan positif.

Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Product branding bisa menopang tingkatkan komitmen costumer dengan menciptakan pengalaman pengguna yang positif dan membangun jalinan yang kuat dengan konsumen.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen. Product branding bisa menopang tingkatkan kepercayaan costumer dengan membuktikan kualitas produk atau jasa yang paling baik dan bisa diandalkan.

Meningkatkan Daya Saing. Product branding bisa menopang tingkatkan energi saing produk atau jasa dengan membedakan produk atau jasa berasal dari pesaing dan menarik perhatian konsumen.

Meningkatkan Nilai Merek. Product branding bisa menopang tingkatkan nilai merek dengan membangun citra merek yang kuat dan positif di mata konsumen.

3. Corporate Branding

Corporate branding adalah style branding yang digunakan untuk membangun citra merek suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk membedakan perusahaan berasal dari pesaing dan menciptakan kesan positif terhadap konsumen.

Pengertian Corporate Branding

Corporate branding adalah proses membangun citra merek suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan dengan obyek membedakan perusahaan berasal dari pesaing dan menciptakan kesan positif terhadap konsumen. Corporate branding termasuk seluruh aspek berasal dari perusahaan atau organisasi, jadi berasal dari visi, misi, nilai, hingga budaya perusahaan.

Contoh Corporate Branding yang Sukses

Contoh corporate branding yang berhasil adalah Google, Toyota, dan Coca-Cola. Google membangun citra merek perusahaannya sebagai perusahaan teknologi yang inovatif dan acuhkan terhadap keberlanjutan lingkungan. Toyota membangun citra merek perusahaannya sebagai perusahaan mobil yang berkualitas, aman, dan ramah lingkungan. Coca-Cola membangun citra merek perusahaannya sebagai perusahaan minuman yang menyegarkan, sesuai untuk acara sosial, dan acuhkan terhadap masyarakat.

Keuntungan Corporate Branding bagi Bisnis

Corporate branding punya banyak keuntungan bagi bisnis, antara lain:

Meningkatkan Kesadaran Merek. Corporate branding bisa menopang tingkatkan kesadaran merek perusahaan atau organisasi di mata costumer dengan menciptakan citra merek yang kuat dan positif.

Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Corporate branding bisa menopang tingkatkan komitmen costumer dengan membangun jalinan yang kuat dan memperkuat identitas merek perusahaan.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen. Corporate branding bisa menopang tingkatkan kepercayaan costumer dengan membuktikan integritas, keandalan, dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Memperkuat Reputasi Perusahaan. Corporate branding bisa menopang memperkuat reputasi perusahaan dengan membangun citra merek yang kuat dan positif di mata costumer dan masyarakat.

Meningkatkan Nilai Merek. Corporate branding bisa menopang tingkatkan nilai merek dengan membangun citra merek yang kuat dan positif di mata costumer dan masyarakat.

4. Service Branding

Service branding adalah style branding yang digunakan untuk membangun citra merek suatu sarana (service) atau jasa. Tujuannya adalah untuk membedakan sarana atau jasa berasal dari pesaing dan menciptakan kesan positif terhadap konsumen.

Pengertian Service Branding

Service branding adalah proses membangun citra merek suatu sarana atau jasa dengan obyek membedakan sarana atau jasa berasal dari pesaing dan menciptakan kesan positif terhadap konsumen. Service branding termasuk seluruh aspek berasal dari sarana atau jasa, jadi berasal dari kualitas pelayanan, inovasi, hingga pengalaman konsumen.

Contoh Service Branding yang Sukses

Contoh service branding yang berhasil adalah Airbnb, Grab, dan Gojek. Airbnb membangun citra merek sarana sewa tempat tinggal yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan. Grab dan Gojek membangun citra merek sarana transportasi yang mudah, aman, dan terjangkau, dengan menawarkan beragam sarana tambahan layaknya GrabFood dan GoFood.

Keuntungan Service Branding bagi Bisnis

Service branding punya banyak keuntungan bagi bisnis, antara lain:

Meningkatkan Kesadaran Merek. Service branding bisa menopang tingkatkan kesadaran merek sarana atau jasa di mata costumer dengan menciptakan citra merek yang kuat dan positif.

Meningkatkan Loyalitas Konsumen. Service branding bisa menopang tingkatkan komitmen costumer dengan membangun jalinan yang kuat dan memperkuat identitas merek sarana atau jasa.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen. Service branding bisa menopang tingkatkan kepercayaan costumer dengan membuktikan kualitas service yang baik, inovasi, dan pengalaman costumer yang menyenangkan.

Memperkuat Reputasi Layanan atau Jasa. Service branding bisa menopang memperkuat reputasi sarana atau jasa dengan membangun citra merek yang kuat dan positif di mata costumer dan masyarakat.

Meningkatkan Nilai Merek. Service branding bisa menopang tingkatkan nilai merek dengan membangun citra merek yang kuat dan positif di mata costumer dan masyarakat.